Rabu, 15 Januari 2014

Tugas Teori Organisasi UMUM Minggu 2


Tugas Teori Organisasi UMUM Minggu 2


1.      Pada realita dalam suatu organisasi, pembagian kerja masih berlaku, jelaskan !
2.      Contohkan dengan kasus sederhana mengenai standarisasi dapat mendorong koordinasi ?
3.      Jika terdapat bentuk organisasi  seperti di bawah ini :


    A


 



                       I                                II                          III                           IV

  1. Berapa  arus hubungan komunikasi ?
  2. Lengkapi gambar tersebut dengan garis arus hubungan komunikasi !
4.      Jelaskan arti dari komunikasi adalah proses penyampaian keterangan ?
5.      Organisasi menggunakan formalisasi akan memperoleh keuntungan-keuntungan, sebutkan keuntungan – ketuntungan tersebut dan berikan contoh ?

Jawab :
  1. Dalam suatu organisasi pembagian kerja umumnya sangat dibutuhkan  untuk meringankan beban pekerjaan. Dalam suatu divisi biasanya memiliki anggota divisi dan memiliki tugas masing-masing. Misalnya dalam  suatu organisasi kampus katakanlah Himpunan memiliki sekretaris bidang masing-masing yang mewakili satu tujuan. Misalnya bidang keilmuan : tugas umumnya adalah memperkenalkan suatu jenis bidang ilmu kepada mahasiswa agar lebih paham. Hal ini dilakukan untuk menyamaratakan tugas dan kewajiban, walaupun kewajiban ketua dengan anggota sama namun bidang pekerjaan yang dimiliki berbeda. Hal ini lah yang kemudian mengaruskan satu tim organisasi dilatyih kekompakan dan kerjasamanya. Organisasi yang dibentuk oleh sekelompok orang harus memiliki tujuan dan cita-cita yang sama sehingga mempermudah tim dalam melaksanakan pekerjaannya.
  2. Dalam suatu perusahaan sangat diperlukan standarisasi sebagai aturan yang harus di patuhi para pekerja nya karna dengan begitu kedisiplinan para pekerja akan turut serta membawa suatu organisasi/perusahaan ke arah yg lebih baik. Contohnya : koordinasi yang dilakukan antara atasan dengan anggotanya untuk saling terbuka dalam melakukan suatu pekerjaan dapat mempermudah berkembangnya koordinasi antara sesama anggota organisasi, karena untuk dapat saling berkoordinasi dengan baik harus ada saling keterbukaan antara satu dengan yang lain. Karena akan menyulitkan jika ada anggota yang tidak dapat dipercaya , hal ini akan mempengaruhi kinerja tim dan juga gerak social tim.
  3. A. 4
B. Antara Adan I        Antara Adan II
     Antara Adan III     Antara Adan IV

  1. Proses penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain dikatakan sebuah komunikasi. Pada umumnya komunikasi dilakukan secara lisan dan tertulis dan menggunakan bahasa yang di mengerti oleh kedua belah pihak. Jika salah satu pihak tidak mengerti bahasa yang di gunakan maka tidak akan terjalin komunikasi. Komunikasi akan sangat berguna jika cara penyampainya singkat dan jelas.
  2. Dalam berkomunikasi menggunakan bahasa formal antara satu dengan yang lain dalam berorganisasi memiliki banyak keuntungan. Contohnya antara lain adalah : dalam berkomunikasi dengan atasan di dalam suatu organisasi bawahan harus menggunakan bahasa formal agar dinilai baik oleh atasan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar