Tugas Teori Organisasi UMUM Minggu 4
1.
Di dalam melakukan perubahan atau
penyesuaian organisasi harus melihat pada factor-faktor yang umum dapat
mempengaruhi, maka hal yang terpenting dalam perubahan harus melihat pada aspek
?
2.
Apa yang dimaksud dengan records
retention schedule ?
3.
Pemasalahan record retention schedule
setiap organisasi masalah ini bersifat relative, sebab terdapat perbedaan,
sifat relative ini tergantung pada, sebutkan ?
4.
Jelaskan dalam bentuk bagan hubungan
timbal balik antara manajemen, organisasi dan metode atau tata kerja ?
5.
Jelaskan dimensi-dimensi yang menjadi
dasar dari evolusi organisasi ?
Jawab :
1.
Perubahan organisasi dapat terjadi
lebih-lebih jika organisasi hanya mempunyai sedikit kemampuan untuk
mengendalikan kekuatan-kekuatan pengaruh ekstenal maupun internal organisasi. Beberapa kekuatan ekternal penyebab
perubahan. Berbagai kekuatan ekternal, dari
kemajuan teknologi sampai kegiatan persaingan dan perubahan pola kehidupan,
dapat menekan organisasi untuk mengubah tujuan, struktur dan metoda
operasinya.Tekanan untuk perubahan juga dapat datang dari kekuatan-kekuatan
perubah internal. Kekuatan-kekuatan ini merupakan hasil
dari faktor-faktor seperti tujuan, strategi, kebijaksanaan manajerial dan
teknologi baru, serta sikap dan perilaku karyawan. Kekuatan-kekuatan
eksternal dan internal penyebab perubahan sering saling berhubungan. Hubungan
ini terutama merupakan hasil perubahan-perubahan dalam nilai-nilai dan
sikap-sikap yang mempengaruhi orang dalam sistem.
Orang-orang
dengan berbagai sikap baru memasuki organisasi dan menyebabkan perubahan dari
dalam.
·
Implementasi inovasi structural.
·
Kebijakan / tujuan baru.
·
Area lebih luas.
·
Kelangsungan hidup organisasi
2.
Menurut FX soedjadi record retention
schedule adalah suatu kebijaksanaan yang harus dilakukan dalam rangka proses
manajemen, yaitu yang berhubungan dengan penggolongan, pemilihan, distribusi,
maupun disposisi dari record untuk menentukan records yang mana yang perlu
tetap disimpan untuk selama-lamanya serta jenis-jenis records yang mana dan
yang dalam jangka waktu berapa lama pula perlu dimusnahkan karena sudah tidak
diperlukan lagi.
3. > Jenis organisasinya
> Waktu
4. > Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan
melalui kerjasama antar manusia.
> Organisasi : Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan
kerjasama.
> Tata kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut
harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
5. > Merefleksikan bahwa
organisasi itu adalah system
> Berhubungan dengan hasil-hasil akhir dari
struktur organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar