Rabu, 15 Januari 2014

Tugas Teori Organisasi UMUM Minggu 4



Tugas Teori Organisasi UMUM Minggu 4

1.      Di dalam melakukan perubahan atau penyesuaian organisasi harus melihat pada factor-faktor yang umum dapat mempengaruhi, maka hal yang terpenting dalam perubahan harus melihat pada aspek ?
2.      Apa yang dimaksud dengan records retention schedule ?
3.      Pemasalahan record retention schedule setiap organisasi masalah ini bersifat relative, sebab terdapat perbedaan, sifat relative ini tergantung pada, sebutkan ?

4.      Jelaskan dalam bentuk bagan hubungan timbal balik antara manajemen, organisasi dan metode atau tata kerja ?
5.      Jelaskan dimensi-dimensi yang menjadi dasar dari evolusi organisasi ?

Jawab :

1.      Perubahan organisasi dapat terjadi lebih-lebih jika organisasi hanya mempunyai sedikit kemampuan untuk mengendalikan kekuatan-kekuatan pengaruh ekstenal maupun internal organisasi. Beberapa kekuatan ekternal penyebab perubahan. Berbagai kekuatan ekternal, dari kemajuan teknologi sampai kegiatan persaingan dan perubahan pola kehidupan, dapat menekan organisasi untuk mengubah tujuan, struktur dan metoda operasinya.Tekanan untuk perubahan juga dapat datang dari kekuatan-kekuatan perubah internal. Kekuatan-kekuatan ini merupakan hasil dari faktor-faktor seperti tujuan, strategi, kebijaksanaan manajerial dan teknologi baru, serta sikap dan perilaku karyawan. Kekuatan-kekuatan eksternal dan internal penyebab perubahan sering saling berhubungan. Hubungan ini terutama merupakan hasil perubahan-perubahan dalam nilai-nilai dan sikap-sikap yang mempengaruhi orang dalam sistem.
Orang-orang dengan berbagai sikap baru memasuki organisasi dan menyebabkan perubahan dari dalam.
·         Implementasi inovasi structural.
·         Kebijakan / tujuan baru.
·         Area lebih luas.
·         Kelangsungan hidup organisasi
2.      Menurut FX soedjadi record retention schedule adalah suatu kebijaksanaan yang harus dilakukan dalam rangka proses manajemen, yaitu yang berhubungan dengan penggolongan, pemilihan, distribusi, maupun disposisi dari record untuk menentukan records yang mana yang perlu tetap disimpan untuk selama-lamanya serta jenis-jenis records yang mana dan yang dalam jangka waktu berapa lama pula perlu dimusnahkan karena sudah tidak diperlukan lagi.
3.      > Jenis organisasinya
> Waktu
4.      > Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
> Organisasi : Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan  kerjasama.
> Tata kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
5.       > Merefleksikan bahwa organisasi itu adalah system
> Berhubungan dengan hasil-hasil akhir dari struktur organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar