Tugas Teori Organisasi Umum Minggu 5
1.
Di dalam melakukan perubahan
atau penyesuaian organisasi harus melihat pada factor-faktor yang umum dapat
mempengaruhi, maka hal yang terpenting dalam perubahan harus melihat pada aspek
?
2.
Dalam sifat dinamisnya
organisasi, terdapat factor yang dapat mempengaruhinya, yaitu sebutkan ?
3.
Komplesitas merupakan bagian
dari struktur organisasi yang mempunyai arti penting bagi seorang manajer,
jelaskan arti penting tersebut ?
4.
Sebutkan pentingnya suatu
organisasi melakukan restruturisasi pada bidang formalisasi ?
5.
Jelaskan mengapa suatu
organisasi lebih baik menggunakan desentralisasi dari pada sentralisasi dalam
memanajemen organisasi dan pengambilan keputusan ?
Jawab :
1.
Faktor perubahan dapat terjadi
karena 2 faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
a.
Faktor internal adalah segala
keseluruhan faktor yang ada di dalam organisasi dimana factor tersebut dapat
mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi. Penyebab perubahan yang
berasal dari dalam organisasi yang bersangkutan, yang dapat berasal dari
berbagai sumber.
b.
Faktor eksternal adalah segala
keseluruhan faktor yang ada di luar organisasi yang dapat mempengaruhi
organisasi dan kegiatan organisasi. Beberapa factor tersebut antara lain :
Politik, Hukum , Kebudayaan, Teknologi, Sumber alam, Demografi dan sebagainya.
Adalah penyebab perubahan yang berasal dari luar, atau sering disebut
lingkungan.
2.
Faktor Internal :
a.
Perubahan kebijakan lingkungan
b.
Perubahan tujuan
c.
Perluasan wilayah operasi
tujuan
d.
Volume kegiatan bertambah
banyak
e.
Sikap & perilaku dari para
anggota organisasi.
3.
Karena dalam pengelolaan
manajemen informasi pada perusahaan , manajer sangatlah berperan penting,
sehingga untuk mendukung hal tersebut manajer harus memiliki beberapa keahlian
dan pengetahuan manajemen.
4.
Restrukturisasi diartikan
sebagai penataan kembali struktur badan/lembaga sehingga kinerja badan/lembaga
tersebut dapat lebih efektif dan efisien. Kata efisiensi sering dianalogikan
dengan penghematan, yakni usaha-usaha untuk meningkatkan hasil kerja lembaga
badan/lembaga sehingga dengan penggunaan sumber daya sekecil mungkin
mendapatkan hasil kerja yang sebesar mungkin.
5.
sebagian besar keputusan dan
kebijakan yang berada di daerah dapat diputuskan di daerah tanpa adanya campur
tangan dari pemerintahan di pusat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar