Rabu, 05 November 2014

Kekurangan & Kelebihan Penggunaan Dron dalam Mengamankan Laut Indonesia

"Tidak memiliki banyak resiko terutama tidak membahayakan awaknya. Tetapi, jika drone itu tertangkap lawan rahasia negara bisa diketahui pihak asing," kata pengamat intelijen dan militer Wawan Purwanto saat dihubungi Sindonews, Selasa 23 Juni 2014 malam.(sumber)

      Sesuai dengan artikel yang diatas, penggunaan Dron bisa dibilang sangat bermanfaat tetapi dilain sisi juga memiliki resiko yang sangat tinggi. Apabila Dron digunakan untuk
mengamankan laut Indonesia yang luas ini bisa membuat petugas patroli laut untuk bertindak cepat apabila terjadi sesuatu diwilayah perairan Indonesia ini.
     Akan tetapi, pesawat ini jatuh ketangan negara lain. Informasi yang ada bisa terbongkar dan akan merugikan negara Indonesia. Penggunaan Dron pun bagi saya tidak masalah, asalkan ada pengamanan ekstra terhadap pesawat tanpa awak ini. Dan lagi, pesawat ini juga memiliki batas maksimal penerbangannya. 
     Tidak hanya memiliki batas waktu yang singkat dalam penerbangannya. Tetapi biaya perawatannya juga harus diperhatikan agar ketika Dron ini digunakan untuk pengintaian laut Indonesia tidak terjadi gangguan yang mengakibatkan Dron tersebut jatuh. Walaupun keinginan Presiden ke-7 ini ingin menggunakan pesawat tanpa awak untuk menjaga perbatasan NKRI, tetapi harus ada pembahasan lebih lanjut agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi dalam pengoperasian pesawat tanpa awak ini.

Sekian dari saya, bila ada kesalahan mohon dimaafkan karena artikel ini hasil dari pemikiran sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar