Senin, 18 Mei 2015

Rancangan Usulan Penelitian

A.Manfaat rancangan usulan penelitian
1)Sebagai kerangka operasional penelitian (blue print)
2)Menegaskan kedalaman (intensitas) dan keleluasaan (ekstensitas) penelitian.
3)Memperkirakan penelitian yang akan dihadapi dan rancangan alteratif penyelesaiannya.
4)Mengetahui kelemahan hasil penelitian

B.Bentuk rancangan usulan penelitian

Suatu penelitian itu mungkin bermaksud dan bertujuan untuk memperoleh data informasi dan kemudian untuk bahan menulis. Misalnya
a.Skripsi

b.Makalah untuk seminar, simposium, dan pertemuan ilmiah lainnya
c.Karangan ilmiah
d.Tesis magister/disertasi doctor
e.Laporan proyek

Bobot dan mutu akademis karangan ilmiah hasil penelitian itu dapat dikaji dan dinilai dari 6 aspek :
1.Aktualitas masalah
Masalah yang diformulasikan haruslah masalah yang masih hangat diperbincangkan/upto date dan banyak mencari perhatian para ahli untuk dicari jawabannya serta juga harus nyata adanya

2.Relevansi manfaat praktis
Jawaban masalah yang dikemukakan bernilai prakktis, sehingga hasil penelitian bedaya guna serta menjangkau masyarakat luas. Kesimpulan- kesimpulan yang ditarik harus mantap dan saran-sarannya menarik perhatian dan beralasan kuat

3.Metodologi penelitian akurat
bObot mutu akademis karya tulis hasil penelitian itu ditentukan juga oleh adekuasi rancangan penelitian, instrumentasi dan pengukuran, metodologi penulisannya juga ikut menentukan bobot nilai/ mtu akademis karya tulis ilmiah

4.Orisinalitas penelitian
Penelitian disebut orisinal bila bahan dan atau metode yang digunakan belum pernah dilakukan oleh peneliti lain, setidak-tidaknya menurut jangkauan informasi yang tersedia. Dengan kata lain walaupun bahan sama tetapi metodenya beda, maka penelitian itu dianggap penelitian orisinal dan juga sebaliknya jika bahan beda tapi metode sama itu juga digolongkan penelitian orisinal

5.Sumbangan terhadap ilmu pengetahuan
Penelitian yang bersipat integratif dan konprehensif yaitu penelitian yang hasilnya merupakan kebulatan dan menyeluruh

6.Sistematika penyusunan karya tulis
Ketajaman logika (way of thinking) dan urutan serta kaitan logika (flow of thought) ini mengarahkan sistematika dan jelasnya pokok persoalan dalam karya tulis, apabila materi yang terkumpul dikomunikasikan secara konsisten dengan menjaga relevansi setiap aspek, sedemikian sehingga kalimat yang satu berhubungan dean berkaitan maka komunikasi yang dibuat akan lebih epektiif
rancangan usulan penelitian adalah langkah yang paling awal dalam proses penyusunan penelitian. Usulan penelitian adalah langkah berikutnya, dan makalah adalah hasil akhirnya.

Rancangan usulan penelitian ini memberi gambaran secara menyeluruh tentang pokok masalah yang hendak diteliti, teori dan konsep serta data yang dipakai untuk melakukan penelitian; cara penelitian dilakukan dan hasil yang diharapkan akan dicapai. Rancangan usulan penelitian ini dipakai untuk menilai apakah seorang itu bisa mulai melakukan penelitian secara mandiri




ISI RANCANGAN USULAN PENELITIAN
A.Bagian Awal
  1.   Judul rancangan usulan penelitian diketik dengan huruf kapital. Judul hendaklah jangan terlalu panjang, tetapi cukup ekspresif menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak diteliti. Di bawah judul ditulis kalimat : Rancangan Usulan Penelitian untuk Disertasi. 
  2. Identitas Penulis. Nama : hanya hurirf-huruf 'pertama yang diketik dengan huruf kapital. dan tidak boleh mencantumkan gelar kesarjanaan. 
  3. Tanggal pengajuan, ditulis :
diajukan kepada Program Pascasarjana
Universitas Gadjah Mada
Pada tanggal
........................20 ....
B.Bagian Utama
  1. Pengantar
    Pengantar berisi a) permasalahan, b) keaslian dan kedalaman c) manfaat.
  2. Permasalahan mengandung penjelasan tentang pentingnya rnasalah yang dihadapi untuk dipecahkan. Di samping itu, perlu ditunjukkan beberapa bukti bahwa masalah itu belum ada jawaban atau pemecahan yang memuaskan. Selanjutnya, perlu juga diuraikan hubungan antara masalah yang akan diteliti dengan permasalahan yang lebih luas.
  3. Keaslian dan kedalaman yang merupakan sumbangan baru bagi perkembangan ilmu pengetahuan dikemukakan dengan sejelas-jelasnya.
  4. Manfaat. Kalau penelitian memberikan hasil yang baik, maka yang tadinya merupakan masalah akan berubah menjadi manfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan pembangunan negara. Kesempurnaan penyajian Pengantar menunjukkan kesiapan akademik dan kematangan calon untuk mengikuti Program S3.
  5. Tujuan
    Dalam tujuan penelitian disebutkan secara spesifik tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian. 
  6. Tinjauan pustaka dIan landasan teori.
Tinjauan pustaka memuat kumpulan keterangan penunjang yang diperoleh dari pustaka dan disusun secara bersistim. Sumber pustaka harus ditunjukkan dengan mencantumkan nama akhir penulis dan tahun.
Landasan teori dijabarkan sendiri oleh calon dengan bantuan keterangan pemegang yang telah dikumpulkan. Teori itu merupakan penuntun dari calon dalam melaksanakan penelitian untuk memecahkan masalah. Penyusunan landasan teori termasuk bagian yang sangat penting dan merupakan petunjuk tentang kematangan calon.
  1. Hipotesis
Hipotesis merupakan perkiraan hasil yang akan diperoleh yang ditarik dari landasan teori. Hipotesis disajikan dengan kalimat berita / bukan berbentuk pertanyaan yang dirumuskan dengan tepat. Untuk beberapa bidang ilmu dan sifat penelitian mungkin tidak ada.
  1. Cara Penelitian
Cara penelitian mencakup hal-hal berikut :
·      Materi yang akan dipakai dalam penelitian termasuk spesifikasi yang harus diketahui. Alat-alat utama untuk melaksanakan penelitian dan sebaik-baiknya dilengkapi dengan gambar atau bagan.
·      Jalan penelitian (prosedur) berisi tentang populasi sample dan rancangan percobaan, cara pengumpulan data dan variable yang akan dipelajari.
Analisis hasil meliputi analisis secara kimia, fisis, mekanis, atau statistik. Untuk bidang tertentu, analisis diwujudkan secara kualitatif.
  1. Jadual penelitian
·      Jadwal penelitian dibuat secara cermat, dengan mempertimbangkan kelayakannya. Jadual penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut.
·      Tahap-tahap penelitian yang akan dilakukan.
·      Rincian kegiatan untuk setiap tahap. Supaya cepat-cepat dilihat dan difahami, seyogyanya jadual disajikan dalam bentuk matriks.
·      Waktu yang diperlukan untuk melaksanakan tiap-tiap tahap, dinyatakan dalam satuan bulan.



**sumber 1sumber 2

1 komentar:

  1. 1. Buat kalian ada yang BARU nih sayangi GEDGET kalian yaaa:) banyak INFORMASI yang bakal kalian tau dengan lihat link-link ini langsung saja yuuu:)
    http://zapplerepair.com/cara-recovery-data-dari-sd-micro-panas-tidak-bisa-dibaca.html

    BalasHapus