Selasa, 23 Oktober 2012

Perkembangan Kebudayaan & Agama Hindu – Budha Di Kerajaan Majapahit

Sejarah Singkat Kerajaan Majapahit


Majapahit adalah kerajaan Hindu-Budha terakhir yang menguasai Nusantara dan dianggap sebagai salah satu dari negara terbesar dalam sejarah Indonesia. Kekuasaannya terbentang di Jawa, Sumatra, Semenanjung Malaya, Kalimantan, hingga Indonesia Timur.
Kerajaan ini
berdiri dari sekitar tahun 1293 sampai 1500 Masehi. 



Kebudayaan

Gapura Bajang Ratu, gerbang masuk salah satu kompleks bangunan penting di ibu kota Majapahit. Bangunan ini masih tegak berdiri di Trowulan. Negarakretagama menyebutkan, budaya keraton yang adiluhung dan anggun, dengan cita rasa seni dan sastra yang halus, serta sistem keagamaan yang rumit.
 
-Kutipan Nagarakertagama mengenai gambaran ibu kota Majapahit.
“Dari semua bangunan, tidak ada tiang yang luput dari ukiran halus dan warna indah terdapat pendopo anggun beratap ijuk, indah bagai pemandangan dalam lukisan ... kelopak bunga katangga gugur tertiup angin dan bertaburan di atas atap. Atap itu bagaikan rambut gadis yang berhiaskan bunga, menyenangkan hati siapa saja yang melihatnya.”

Ibu kota Majapahit di Trowulan merupakan kota besar dan terkenal dengan perayaan besar keagamaan yang diselenggarakan setiap waktu. Agama Buddha, Siwa, dan Waisnama (pemuja Wisnu) dipeluk oleh penduduk Majapahit, dan raja dianggap sekaligus titisan Buddha, Siwa maupun Wisnu.

 



**Referensi = Majapahit


1 komentar:

  1. sedikit tapi bagus.. keep going on ya…
    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru? Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.
    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, resepi dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis.

    BalasHapus